Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata

Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata


Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata,- siapa yang tidak mengenal buah kecil mungkil berwarna biru cerah ini, buah berukuran mulai 10 cm hingga 4 m banyak tumbuh dibelahan Selatan di Australia, Selandia Baru dan negara-negara Amerika Selatan ini ternyata memiliki sejuta khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh. dikirim melalui udara sebagai produk segar untuk pasar-pasar di seluruh dunia.

Nah pada kesempatan kali ini kita akan mengulas lebih jauh sejuta khasiat dan manfaat buah blueberry untuk kesehatan yang jarang diketahui olah sebagian orang, sebenarnya apa saja manfaat dari si kecil blueberry ini ? berikut informasi selengkapnya. 

Buah blueberry memanglah bukan buah asli indonesia, tetapi saat ini manfaatnya banyak di kelompok orang-orang lokal. Buah blueberry dipakai juga sebagai bahan makanan, kue, es cream, juice untuk kesehatan. beberapa besar pemakaian blueberry memanglah diranah kuliner lantaran di kenal buahnya yang manis asam, struktur buahnya yang cantik, serta dimaksud mempunyai kalori rendah, hingga dimaksud makanan baik untuk diet. Di balik kekhasan buah blueberry ini, tersimpan banyak manfaat didalamnya. 

Kandungan Yang Terdapat Pada Buah Blueberry : 
    Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata
  • Vitamin dan Mineral
  • Vitamin A 54 IU-
  • Lutein dan zeaxanthin 80 mg
  • hiamine (Vit. B1) 0.04 mg
  • Riboflavin (Vit. B2) 0,04 mg
  • Niacin (Vit. B3) 0,42 mg
  • Asam pantotenat (B5) 0,1 mg
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Folat (B9 Vit.) 6 mg
  • Vitamin C 10 mg
  • Vitamin E 0,6 mg
  • Kalsium 6 mg
  • Besi 0,3 mg
  • Magnesium 6 mg
  • Fosfor 12 mg
  • Kalium 77 mg
  • Seng 0,2 mg
  • mangan 0,3 mg
  • Vitamin K 19 mcg
Khasiat Dan Manfaat Buah Blueberry Secara Umum : 

Mencegah penyakit kanker

Senyawa fenolik yang terkandung dalam buah blueberry diketahui dapat menghambat dan mencegah proliferasi sel kanker usus besar dan menginduksi apoptusis. penelitian menunjukkan, bahwasanya wanita dengan asupan bluberry yang tinggi diketahui mengalami keguguran yang signifikan terkait resiko kanker ovarium.

Meningkatkan dayatahan tubuh

Kandungan antioksidan yang dimiliki buah blueberry ini bisa membantuk menguatkan sistem imun dengan menetralisir radikal bebas. Antioksidan dalam blueberry nyatanya lebih banyak dari buah lainya. Sebagian besar antioksidan dalam buah bluebery adalah antioksidan, pigmen yang bertanggung jawab terhadap warna biru buah blueberry.

Menguatkan tulang

Kandungan yang bernama mangan pada buah blueberry ini sangat baik untuk kesehatan tulang. terbukti dengan makan buah blueberry secara rutin dapat membantu menguatkan tulang serta menghindarkan dari resiko tulang keropos.

Menurunkan lemak berlebihan

Buah blueberry juga mengandung polyphenol yang bermanfaat untuk menurunkan lemak disekitar perut serta juga dapat membantu mengatasi permasalahan pada metabolisme tubuh. Buah bluberry juga sangat cocok untuk menemani program diet yang sedang dilakukan karena kandungan kalorinya yang rendah.

Menyehatkan penglihatan

Senyawa yang terdapat pada buah blueberry ini dikenal sebagai anthocyanosides, dalam studi klinis setelah diketahui buah blueberry ini dapat memperlambat merosotnya daya penglihatan. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Ophatalmology menunjukkan bahwa mengkonsumsi 3 buah buah blueberry dalam sehari bisa membantu mengurangi turunya penglihatan di usia lanjut hingga 36 persen.

Menguatkan ingatan

Buah blueberry mengandung flavonoid yang bisa mengaktifkan bagian dalam otak yang berperan dalam mengontrol dan memperkuat ingatan.

Menurunkan gula darah

Buah blueberry adalah buah dengan indeks glikemik rendah. Hal ini membuat buah ini memiliki peran dalam membantu mengatur gula darah, terutama bagi para penderita diabetes. Terbukti makan 5 buah blueberry setiap harinya sangat baik bagi kesehatan tubuh dan terhindar dari serangan jantuk, diabetes. kanker.

Mencegah serangan jantung

Buah blueberry adalah salah satu buah penyehat jantung. terbukti makan 3 porsi buah blueberry atau lebih setiap minggu dapat mengurangi resiko serangan jantung pada wanita. Buah blueberry juga mengandung kadar senyawa yang sangat tinggi, yang membantu memperlebar arteri. penyempitan arteri oleh kolesterol diketahui akan berpengaruh besar pada kesehatan jantung, oleh sebab itu buah blueberry mempunyai khasiat mencegah serangan jantung.

Melancarkan pencernaan

Rajin mengonsumsi blubbery bisa menyehatkan sistem penycernaan. semangkuk buah blueberry memiliki kandungan 4 gram serat, sekitar 15 persen dari asupan harian yang tubuh perlukan. Serat larut yang tekandung dalam blueberry mampu menyerap hingga 15 kali beratnya sendiri dalam air sehingga hal tersebut bisa meningkatkan cairan ke usus dan melancarkan pencernaan.

Zat Fitonutrien dalam blueberry

Fitonutrien yaitu zat kimia alami yang terdapat dalam tumbuh-tumbuhan. Dalam satu type tumbuhan ada beberapa ribu zat kimia natural yang diperlukan oleh tanaman membuat perlindungan sendiri dari kuman, jamur, serta beberapa hal lain yang di rasa bisa membahayakan hidupnya. Fitonutrien tak berbentuk esensial seperti vitamin serta mineral, yang bila tak dikonsumsi bakal membahayakan keadaan badan Anda, tetapi saat Anda konsumsi fitonutrien, beberapa zat ini akan menghindar penyakit yang mungkin saja menjangkiti badan Anda serta bisa melindungi organ-organ badan Anda berperan dengan baik. Tersebut kandungan fitonutrien dalam blueberry.
  • Anthocyanins : malvidins , delphinidins , pelargonidins , cyanidins , peonidins
  • Asam hydroxycinnamic : asam caffeic , asam ferulat , asam coumaric
  • Asam hidroksibenzoat : asam gallic , asam procatchuic
  • Flavonoid : kaempferol , quercetin , myricetin
Fenol lainnya yang berhubungan dengan Fitonuntrien : pterostilbene ( melawan kanker ) , resveratrol.
Hampir semua fitonutrien yang disebutkan di atas , memiliki fungsi sebagai antioksidan dan sebagai senyawa anti-inflamasi / peradangan bagi tubuh . Juga berguna untuk banyak manfaat kesehatan lainnya jika dikonsumsi secara teratur

Kandungan gizi , Vitamin dan Mineral

Blueberry mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh , serta mengandung serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan tubuh. Blueberry merupakan makanan dengan kandungan gizi terbaik bagi manusia. Nilai Kandungan gizi per Blueberry100 g (3.5 oz)

FAKTA UNIK : 

Beberapa menyatakan bahwa selama Perang Dunia II, pilot di Angkatan Udara Inggris (RAF) secara teratur dikonsumsi bilberry mempertahankan karena mereka meningkatkan penglihatan pada malam hari mereka. Menurut cerita, para bilberry meningkatkan penglihatan pilot ‘sehingga mereka dapat menyelesaikan misi mereka dengan akurasi secara signifikan lebih besar.

Laporan-laporan ini tentang pilot Perang Dunia II mendorong peneliti di Eropa untuk mempelajari dampak potensial dari blueberry pada night vision. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manfaat kesehatan blueberry, memang memiliki efek substantif pada penglihatan

Dengan kandungannya yang lengkap, masalah mata seperti degenerasi makula, hypermetropia, diabetic retinopathy, miopia, dan katarak yang disebabkan oleh usia dapat disembuhkan dengan blueberry jika dikonsumsi secara teratur. Selain kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi, blueberry juga mengandung anthocyanosida yang mampu mengurangi gangguan mata seperti mata rabun serta memelihara kesehatan retina.

Satu cangkir blueberry mengandung 4 gram serat atau sekitar 15% dari kandungan serat harian yang diperlukan tubuh.

Berikut Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata


Vitamin A

Vitamin A merupakan antioksidan yang ditemukan dalam blueberry setara 80 Unit Internasional per cangkir berry. Dengan kandungan ini, Blueberry mampu melindungi mata dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas, dan umumnya meningkatkan kesehatan mata. Vitamin A membantu melawan peradangan mata bahkan dapat bermanfaat dalam pengobatan mata kering.

Vitamin C

Khasiat Buah Blueberry Untuk Mata – Blueberry setera dengan 14 miligram vitamin C per cangkir. Vitamin C sangat penting dalam melindungi tubuh dari radikal bebas – molekul tidak stabil – yang merusak mata dan menyebabkan penyakit. Menurut “Journal of Medicine Orthomolecular,” vitamin C mengurangi tekanan intraokular, mengurangi potensi untuk mengembangkan glaukoma. Glaukoma, yang mengacu pada berbagai kondisi mata yang merusak saraf optik, adalah penyebab paling umum kedua kebutaan di Amerika Serikat. Vitamin C juga membantu menjaga jaringan ikat di mata dan dapat mencegah degenerasi makula.

Vitamin E

Vitamin E dalam blueberry dapat membantu menghentikan pembentukan katarak, atau kekeruhan dari lensa mata. Blueberry juga mengandung Anthocyanin, yaitu pigmen flavonoid yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain memberikan manfaat kesehatan yang sama dengan antioksidan lain untuk mata, anthocyanin juga dapat menjaga kesehatan mata secara umum. Selain itu, buah blueberry dapat mengurangi penyakit radang mata dan bahkan retinopati diabetes, atau kerusakan mata yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

Seng

Satu cangkir blueberry mengandung 0,24 miligram seng. Zinc, mineral penting lain untuk kesehatan mata, juga membantu melindungi terhadap degenerasi makula dan rabun senja, yang memungkinkan penyesuaian mata yang lebih baik dalam kondisi gelap. Zinc juga membantu tubuh menyerap vitamin lebih baik lainnya, seperti vitamin A.

Hasil Penelitian Pakar Kesehatan Tentang Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata : 

Penelitian telah menunjukkan bahwa blueberry memainkan peran penting dalam kesehatan otak terutama ketika datang ke kepikunan-yang dihadapi orang-orang,” kata Bannan.

Blueberry segar atau beku melakukannya dengan baik di smoothie, oatmeal dan bahkan dilemparkan dalam salad, bersama dengan kenari, untuk memberikan lagi nutrisi otak yang penting: asam lemak omega-3.

“Omega-3 – memiliki cukup berarti kita mengurangi peradangan yang tidak pantas,” kata ahli gizi Ashley Koff.

Dr Mary Ann Lila, direktur Tanaman NC State University untuk Institut Kesehatan Manusia di Kampus Penelitian NC di Kannapolis, akan mengungkapkan temuan penelitian tentang buah dan dampaknya terhadap kesehatan manusia selama Berry Kesehatan Manfaat Simposium pada tanggal 27 Juni di Westlake Village, California.

Luar biasa bukan, walaupun buah blueberry berukuran kecil tetapi besar akan khasiat dan manfaat untuk kesehatan tubuh, makan dari ini jangan malas mengkonsumsi buah yang satu ini ya, selain rasanya yang enak, buah blueberry juga kaya akan gizi yang sangat diperlukan tubuh, selamat mencoba.

Post By : Pengobatan Alami Terampuh

0 Response to "Manfaat Buah Blueberry Untuk Kesehatan Mata"

Posting Komentar